MESIN PEMBAJAK
1WG3.4-75FQ.D
4.1 kW

Tiller Mesin Bajak Tanah

Tiller atau lebih dikenal dengan sebutan mesin bajak adalah sebuah mesin yang digunakan untuk usaha pertanian. Jenis mesin yang satu ini juga lebih dikenal orang sebagai traktor. Ada beberapa jenis traktor yang bisa anda pilih untuk mengolah lahan pertanian, seperti halnya traktor untuk dataran rendah dan juga traktor yang digunakan untuk tipe lahan lainnya.

Selain mesin bajak tadi ada pula jenis mesin lainnya yang bisa anda gunakan, seperti halnya mesin rotary. Jenis mesin yang satu ini memiliki desain yang multifungsi sehingga dapat digunakan di berbagai macam medan tanah yang berbeda. Bahkan mesin ini juga memiliki fungsi yang beragam. Tidak hanya dapat mengolah tanah saja, melainkan untuk membuat guludan pun bisa dilakukan dengan mudah olehnya. Selain kelebihan tersebut mesin ini juga memiliki kelemahan, seperti halnya boros dalam penggunaan bahan bakar. Kemudian desainnya yang memiliki ukuran lebih besar juga sedikit menyulitkan pengguna untuk memindahkannya dari satu tempat tertentu menuju tempat lainnya. Karena itulah untuk lahan sawah berlumpur, jenis mesin bajak yang satu ini akan lebih cepat tenggelam dan menyulitkan.

Pemilihan mesin bajak dan cara perawatan yang tepat
Dari penjelasan di bagian atas tadi tentunya anda pun dapat melihat bagaimana bentuk tiller yang tepat untuk anda pilih. Pemilihan itu sendiri dapat dipertimbangkan dari segi bentuk, kemudian bobot, serta bahan mesin yang digunakan. Sedangkan untuk fungsinya hal ini tentunya harus disesuaikan terlebihn dahulu dengan kebutuhan yang anda miliki, apakah alat tersebut hanya akan anda gunakan untuk mengolah lahan pertanian saja, atau bahkan digunakan untuk fungsi lainnya pula. Seperti halnya pembuatan gundukan, dan lainnya. Jika kebutuhan anda cukup banyak maka pemilihan tiller macam fungsi seperti jenis rotary pun menjadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan.

Sementara itu untuk perawatannya ada beberapa hal yang patut untuk anda perhatikan, seperti :

  • Proses pembersihan badan mesin, hal ini dilakukan dengan membuang kotoran termasuk debu yang menempel pada bagian mesin.
  • Penggunaan perlengkapan perawatan mesin yang sesuai dengan peralatan yang dianjurkan oleh mesin bajak tersebut.
  • Biasakan untuk mencuci mesin, kemudian gunakan oil deterjen serta meniup kompresor hingga kering
  • Sebelum digunakan, pastikan untuk selalu memanaskan mesin tersebut lebih dahulu.
  • Jika mesin mengeluarkan suara yang aneh dan tidak biasa, maka segera lakukan pemeriksaan, dan atasi penyebab dari munculnya masalah tersebut.
  • Biasakan untuk segera mengganti atau mengisi minyak pelumas mesin jika sudah waktunya. Hal ini tidak boleh ditunda-tunda, karena akibatnya dapat merusak bagian mesin bajak itu tadi.
Demikianlah beberapa bentuk perawatan untuk mesin bajak atau tiller yang harus anda perhatikan dengan lebih seksama. Sehingga pemilihan serta perawatan mesin pun dapat dilakukan dengan lebih sesuai dan membuat mesin menjadi awet atau tahan lama.